FORGOT YOUR DETAILS?

SAUNG PeSoNa 3s

SHOP---SIP---SMART

   Perhutanan Sosial merupakan program prioritas nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di dalam dan disekitar hutan dan mengurangi ketimpangan ekonomi melalui tiga pilar yaitu lahan, kesempatan usaha, dan sumber daya manusia. Niatan mensejahterakan masyarakat sekitar hutan, bukan tidak memiliki tantangan. Tingkat aksesibilitas, terjadinya konflik terurial dan kondisi sosial ekonomi lainnya seringkali menjadi kendala terlaksanakan verifikasi kelompok masyarakat, dan sering kali menjadi hal yang membuat terlambatnya sosialisasi program perhutanan sosial.

   Kunci keberhasilan program perhutanan sosial memerlukan pendampingan dan dukungan dari berbagai multi pihak, termasuk LSM. Perhutanan sosial tentu saja membutuhkan  pendamping yang turun ke lapangan, yang memberikan pengetahuan dan pengidentifikasian potensi kawasan hutan, pengembangan usaha, serta pemasaran hasil usaha masyarakat, yang dikenal sebagai akses ekonomi, hingga penguatan legal, sehingga masyarakat mampu mengadvokasi dirinya sendiri.

  Tantangan terbesar program perhutanan sosial adalah pasca terbitnya ijin pemanfaatan perhutanan sosial, dimana masyarakat mengalami kesulitan untuk mengakses informasi pasar, publikasi produk, teknologi, permodalan, inovasi produk, pendampingan dan sumber daya lainnya. Berdasarkan kondisi di atas, maka diperlukan terobosan inovasi yang dapat mengatasi permasalahan di atas. Dalam Proyek perubahan yang menjadi pokok pembahasan permasalahan antara lain adalah pasar, publikasi, dan pengembangan perhutanan social itu sendiri. Adapun proyek perubahan yang diyakini dapat menjadi salah satu solusi dan mengatasi permasalahan tersebut yaitu perlu adanya Membangun Membangun Saung PeSoNa 3S untuk Meningkatkan Tata Kelola Usaha Perhutanan Sosial.

Pokok gagasan dari Saung Pesona 3S antara lain :

Saung PeSoNa SHOP adalah Sarana Promosi Produk Hasil Hutan Masyarakat.

Saung PeSoNa SIP adalah Sistem Informasi dan Publikasi Perhutanan Sosial Nusantara khususnya di wilayah Maluku Papua.

Saung PeSoNa SMART adalah Pusat Belajar, Diskusi, dan Pengembangan kegiatan Perhutanan Sosial di Wilayah Maluku Papua.

    Saung PeSoNa 3S tersebut akan di integrasikan dengan Website Balai PSKL Wilayah Maluku Papua dan situs online yang lainnya. sehingga dalam implementasi Saung PeSoNa 3S bisa secara online maupun offline. Diharapkan dengan tersedianya ruang atau wadah yang dikemas dalam Saung PeSoNa 3S ini mampu menjawab permasalahan inti perhutanan sosial  dalam fasilitasi kelembagaan usaha perhutanan sosial ditingkat Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS). Hal ini menjadi langkah awal Balai PSKL Wilayah Maluku Papua menghadapi era perang global dan pemanfaatan teknologi informasi menuju Indonesia maju.

    Tujuan utama dari proyek perubahan ini adalah untuk meningkatkan tata kelola usaha perhutanan yang lebih efektif dan efisien melalui pembangunan Saung PeSoNa 3S yang terintegrasi berbagis teknologi informasi sehingga terjalin rantai bisnis perhutanan sosial yang harmonis dari hulu sampai hilir.

Proyek perubahan ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu :

1.  Jangka pendek dengan output tersusunnya grand design Saung PeSoNa 3S

2.  Jangka Menengah dengan output terbangunnya prototype Saung PeSoNa 3S, Terlaksananya soft-launching Saung PeSoNa 3S, dan Terlaksananya operasionalisasi Saung PeSoNa 3S.

Jangka Panjang dengan output Terjalinnya kerjasama multi pihak dalam pemasaran produk hasil usaha perhutanan sosial.

fLOWCHART SAUNG PeSoNa 3s

Penyiapan Design Alur Sistem Aplikasi Penjualan Saung Pesona 3S Berbasis Online.

TOP